1.jelaskan pengertian komunikasi,komunikasi
informal, dan jaringan komunikasi
jawab:
pengertian komunikasi :
adalah penjabaran tentang arti istilah komunikasi
berdasarkan pencetusnya. Artikel ini berisi daftar definisi komunikasi.
Menurut Onong Uchjana Effendy komunikasi adalah
proses penyampaian pesan oleh seseorang kepada orang lain untuk memberitahu,
mengubah sikap, pendapat, atau perilaku, baik secara lisan (langsung) ataupun
tidak langsung (melalui media)
Analisis Pengertian Komunikasi Dan 5 (Lima) Unsur
Komunikasi Menurut Harold Lasswell Sat, 10/11/2007 - 6:54pm — Rejals Analisis
Definisi Komunikasi Menurut Harold Lasswell
Komunikasi pada dasarnya merupakan suatu proses yang
menjelaskan siapa? mengatakan apa? dengan saluran apa? kepada siapa? dengan
akibat atau hasil apa? (who? says what? in which channel? to whom? with what
effect?). (Lasswell 1960).
Analisis 5 unsur menurut Lasswell (1960):
1. Who? (siapa/sumber). Sumber/komunikator adalah
pelaku utama/pihak yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau yang
memulai suatu komunikasi,bisa seorang individu,kelompok,organisasi,maupun suatu
negara sebagai komunikator.
2. Says What? (pesan). Apa yang akan
disampaikan/dikomunikasikan kepada penerima(komunikan),dari
sumber(komunikator)atau isi informasi.Merupakan seperangkat symbol verbal/non
verbal yang mewakili perasaan,nilai,gagasan/maksud sumber tadi. Ada 3 komponen
pesan yaitu makna,symbol untuk menyampaikan makna,dan bentuk/organisasi pesan.
3. In Which Channel? (saluran/media). Wahana/alat
untuk menyampaikan pesan dari komunikator(sumber) kepada komunikan(penerima)
baik secara langsung(tatap muka),maupun tidak langsung(melalui media
cetak/elektronik dll).
4. To Whom? (untuk siapa/penerima).
Orang/kelompok/organisasi/suatu negara yang menerima pesan dari sumber.Disebut
tujuan(destination)/pendengar(listener)/khalayak(audience)/komunikan/penafsir/penyandi
balik(decoder).
5. With What Effect? (dampak/efek). Dampak/efek yang
terjadi pada komunikan(penerima) setelah menerima pesan dari sumber,seperti
perubahan sikap,bertambahnya pengetahuan, dll.
Contoh: Komunikasi antara guru dengan muridnya. Guru
sebagai komunikator harus memiliki pesan yang jelas yang akan disampaikan
kepada murid atau komunikan.Setelah itu guru juga harus menentukan saluran
untuk berkomunikasi baik secara langsung(tatap muka) atau tidak
langsung(media).Setelah itu guru harus menyesuaikan topic/diri/tema yang sesuai
dengan umur si komunikan,juga harus menentukan tujuan komunikasi/maksud dari
pesan agar terjadi dampak/effect pada diri komunikan sesuai dengan yang
diinginkan.
Kesimpulan: Komunikasi adalah pesan yang disampaikan
kepada komunikan(penerima) dari komunikator(sumber) melalui saluran-saluran
tertentu baik secara langsung/tidak langsung
> pengertian komunikasi informal :
Pengertian komunikasi informal adalah komunikasi
antara orang yang ada dalam suatu organisasi , akan tetapi tidak direncanakan
atau tidak ditentukan dalam struktur organisasi . Fungsi komunikasi informal
adalah untuk memelihara hubungan sosial persahabatan kelompok informal ,
penyebaran informasi yang bersifat pribadi dan privat seperti isu , gossip ,
atau rumor . Tentang komunikasi informal sebaiknya tidak dilakukan berdasarkan
informasi yang masih belum jelas dan tidak akurat , carilah sumber informasi
yang dapat dipercaya , selalu gunakan akal sehat dan bertindak berdasarkan
pikiran yang positif .
>pengertian jaringan komunikasi:
De Vito (1997), mendefinisikan jaringan komunikasi
sebagai suatu saluran atau jalan tertentu yang digunakan untuk meneruskan pesan
dari satu orang ke orang lain. Kemudian Gonzales dalam Jahi (1993) mengatakan
bahwa hubungan siapa dengan siapa dapat diilustrasikan dalam sebuah sosiogram
yang berguna untuk menelusuri jaringan informasi ataupun difusi suatu inovasi.
2.jelaskan pengertian pengawasan dan tipe
pengawasan?
jawab:
>pengertian pengawasan :
Pengawasan adalah proses dalam menetapkan ukuran
kinerja dan pengambilan tindakan yang dapat mendukung pencapaian hasil yang
diharapkan sesuai dengan kinerja yang telah ditetapkan tersebut. Controlling is
the process of measuring performance and taking action to ensure desired
results. Pengawasan adalah proses untuk memastikan bahwa segala aktifitas yang
terlaksana sesuai dengan apa yang telah direncanakan . The process of ensuring
that actual activities conform the planned activities.
Menurut Winardi “Pengawasan adalah semua aktivitas
yang dilaksanakan oleh pihak manajer dalam upaya memastikan bahwa hasil aktual
sesuai dengan hasil yang direncanakan”. Sedangkan menurut Basu Swasta “Pengawasan merupakan fungsi yang menjamin
bahwa kegiatan-kegiatan dapat memberikan hasil seperti yang diinginkan”. Sedangkan
menurut Komaruddin “Pengawasan adalah berhubungan dengan perbandingan antara
pelaksana aktual rencana, dan awal Unk langkah perbaikan terhadap penyimpangan
dan rencana yang berarti”.
> tipe pengawasan :
Tipe pengawasan menjadi tiga tipe dasar, yaitu
preliminary control, concurrent control dan feedback control. Ketiga hal
tersebut digambarkan sebagai berikut:
Pengawasan pendahuluan (preliminary control).
Memusatkan perhatian pada masalah mencegah timbulnya deviasi?deviasi pada
kualitas serta kuantitas sumber?sumber daya yang digunakan pada
organisasi?organisasi. Sumber?sumber daya ini harus memenuhi syarat?syarat
pekerjaan yang ditetapkan oleh struktur organisasi yang bersangkutan. Para
pegawai atau karyawan perlu memiliki kemampuan, baik kemampuan fisik ataupun
kemampuan intelektual untuk melaksanakan tugas?tugas yang dibebankan kepada
mereka. Bahan?bahan yang akan digunakan harus memenuhi kualitas tertentu dan
mereka harus tersedia pada waktu dan tempat yang tepat. Di samping itu, modal
harus pula tersedia agar dapat dicapai suplai peralatan serta mesin?mesin yang
diperlukan. Akhirnya sumber-sumber daya finansial harus pula tersedia dalam
jumlah dan waktu yang tepat.
Pengawasan pada saat pekerjaan berlangsung
(concurrent control). Memonitor pekerjaan yang berlangsung guna memastikan
bahwa sasaran?sasaran telah dicapai. Alat prinsip dengan apa pengawasan dapat
dilaksanakan adalah aktivitas para manajer yang memberikan pengarahan atau yang
melaksanakan supervisi.
Pengawasan feedback (feedback control). Memusatkan
perhatian pada hasil?hasil akhir. Tindakan korektif ditujukan ke arah proses
pembelian sumber daya atau operasi?operasi aktual. Tipe pengawasan ini mencapai
namanya dari fakta bahwa hasil?hasil historikal mempengaruhi tindakan?tindakan
masa mendatang.
Selain itu terdapat tiga tipe pengawasan lainnya,
antara lain:
Pre
control. Control that takes place before work is performed is called pre
control, or feed?forward control. Managers using this type of control create
policies, procedures, and rules aimed at eliminating behavior that will cause
undesirable work results … In sum, pre control focuses on eliminating
predicted problems.
Concurrent
Control. Control that takes place as work is being performed is called
concurrent control. It relates not only to employee performance, but also to
such non human areas as equipment performance and department appearance
Feedback
Control. Control that concentrates on past organizational performance is called
feedback control. Managers exercising
this type of control are attempting to take corrective action by looking at
organizational history over a specified time period
3.perubahan dan pengembangan organisasi
jawab:
Perubahan Dan Pengembangan Organisasi
Manajer senatiasa mengantisipasi perubahan-perubahan
dalam lingkungan yang akan mensyaratkan penyesuaian-penyesuaian disain
organisasi diwaktu yang akan datang. Perubahan-perubahan dalam lingkungan
organisasi dapat disebabkan oleh kekuatan internal dan kekuatan eksternal.
Berbagai kekuatan eksternal dapat menekan organisasi untuk mengubah tujuan,
struktur dan operasinya. Sedangkan perubahan dari faktor seperti tujuan,
kebijakan manajer, sikap karyawan, strategi dan teknologi baru juga dapat
merubah organisasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar